Monday, January 15, 2007
Perjalanan Mick McIntyre ke Jogja
Sedikit cerita tentang kunjungan Mick Mc Intyre, director IFAW Asia Pacific, Australia bulan Agustus lalu. Kunjungannya ke Indonesia tidak hanya ke Jogja saja, Mick menghadiri seminar yang diadakan ProFauna di Malang. Sebelum pulang ke Australia, Mick menyempatkan datang ke Jogja untuk evaluasi program Emergency Relief CARE yang disupport oleh IFAW. IFAW mulai bekerjasama dengan CARE sejak terjadinya gempa bumi yang melanda Jogjakarta dan sekitarnya bulan Mei lalu. Drh. Adit sebagai, director CARE, yang sudah berangkat ke Australia tidak bisa menemui Mick untuk evaluasi.

Program Emergency Relief IFAW CARE untuk Gempa Jogja, Erupsi Merapi, serta gempa dan Tsunami Pangandaran dilaksanakan dengan memberikan bantuan baik material maupun tenaga untuk meringankan para korban bencana. Beberapa bantuan yang diberikan pada para korban gempa serta campaign yang dilakukan seperti edukasi di sekolah-sekolah disambut baik oleh Mick. Bahkan Mick tidak hanya berkunjung ke Kantor CARE, untuk mengunjungi shelter CARE, tapi juga mendatangi desa Kaliadem di Lereng Merapi dan Penangkaran penyu di Samas Bantul untuk mengetahui kondisi di daerah bencana dan seberapa jauh CARE melaksanakan program ini.

Mick terlihat cukup bangga bekerjasama dengan kami, apalagi ketika melihat banyaknya water tank untuk membantu mengurangi kesulitan air di daerah Merapi serta pompa air yang diberikan pada penangkaran penyu samas. Di Merapi, Mick disambut oleh kelompok ternak dari koperasi Sarono Makmur yang diketuai Drh. Daud. Mick juga berkunjung ke kandang kelompok sapi perah di daerah Kalitengah Lor, Merapi. Rencananya Mick juga ingin melihat situasi di Pangandaran pasca tsunami, tapi dia harus terbang lagi ke Australia. Kunjugannya ke Jogja hanya sehari. Tapi Mick sempat menyampaikan hasil evaluasinya dan presentasi sedikit pada kami tentang IFAW Australia yang dia pimpin.

Mick, Drh. Mona, Agung, Tika n Tia

Mick di shelter CARE

Mick, Drh. Mona n IFAW CARE water tank

Mick saat meninjau Merapi

 
posted by CARE Yogyakarta at 7:58 AM | Permalink |


0 Comments: